Ini 5 hal yang harus kamu tahu untuk cegah Covid-19!

Pandemi COVID-19 yang saat ini masih berlangsung di hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, merupakan pandemi yang memiliki dampak global yang cukup besar. Selain itu, pandemi virus baru ini membuat banyak pihak perlu belajar jauh lebih banyak untuk melakukan kesiapsiagaan dan respon dalam rangka pencegahan dan pengendalian COVID-19. Simak cara pencegahannya!

LAKUKAN 5 HAL
Bantu hentikan virus corona
1
TANGANCuci lebih sering
Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.
Jika Anda adalah pekerja komuter yang berada di dalam transportasi umum, akan sulit untuk menemukan air dan sabun. Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.
Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin. Cuci tangan juga penting dilakukan sebelum menyusui bayi atau memerah ASI.
2
SIKUUntuk menutup mulut saat batuk
Terapkan etika bersin dan batuk dengan benar menggunakan siku tangan bagian dalam atau tisu bersih. Sebab, cairan yang diproduksi pada saat batuk dan bersin tersebut dapat menjadi media penularan virus corona.
Apabila Anda menggunakan tisu, maka segera buang ke tempat sampah dan cuci tangan menggunakan sabun hingga bersih dan kering kembali.
3
WAJAHJangan disentuh
Jangan sentuh mulut, mata atau hidung, sebelum mencuci tangan sampai bersih.
4
JARAKJaga jarak aman
Menurut WHO, ada baiknya menjaga jarak setidaknya 1 hingga 3 meter ketika berada di tempat umum, terlebih jika ada seseorang yang batuk atau bersin. Sebab, saat seseorang batuk dan bersin, cairan atau small droplets yang keluar dari mulut dan hidung akan memercik ke sekitarnya.e
Sedangkan dalam Pedoman Penanganan Cepat COVID-19 yang dirilis Pemerintah Republik Indonesia, disebutkan tentang batas kontak fisik yang ideal. Adapun aturannya yaitu minimal 1 sampai 2 meter
5
RUMAHUsahakan di rumah saja
Hindari segala kegiatan yang berpotensi ada banyak orang di dalamnya.Di masa social distancing, masyarakat dilarang untuk berkerumun, termasuk mengadakan acara pernikahan. Jika masih ditemukan acara yang mengundang banyak orang, akhirnya pihak yang berwajib harus membubarkannya.




Ismail Santoso Aji Kelas XI RPL 2

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer